Apoteker UI Meraih Prestasi di Ristek-Novartis Biocamp 2013

Ristek-Novartis Biocamp 2013 adalah serangkaian kegiatan yang diadakan oleh Novartis bekerjasama dengan Kementrian Riset dan Teknologi RI dengan mengumpulkan mahasiswa berlatarbelakang sains dan bisnis. Telah terseleksi 26 Mahasiswa terbaik untuk mengikuti serangkaian kegiatan ini pada tanggal 3-5 Juli 2013. Rangkaian kegiatan Ristek-Novartis biocamp 2013 diharapkan dapat memberikan pemahaman komprehensif mengenai dinamika bisnis pada Industri Bioteknologi serta mempersiapkan seluruh peserta untuk berkarir pada bidang yang sangat menarik ini. Rangkaian kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memilih 2 dari 26 peserta untuk mewakili Indonesia dalam Global Biocamp yang akan diadakan di Novartis Headquarter, Basel, Switzerland.

Rangkaian kegiatan Ristek-Novartis Biocamp 2013 meliputi kunjungan, seminar, dan diskusi di PUSPIPTEK, PT. Sandoz, Eijkman Institute, serta berbagai kegiatan di gedung BPPT. Pembicara-pembicara pada kegiatan ini antara lain Drs. Tawadi, M.Si. (Kepala Balai Pengkajian Bioteknologi), Mr. Anand Srinivasan (IMS), Prof. Hasbullah Thabrany, Prof. Amin Subandrio MD., Ph.D (Kemenristek RI), Dra. Maura Linda Sitanggang, Ph.D. (Direktur Jendral Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kemenkes RI), Hasnawati Saleh, Ph.D (Novartis-Hasanudin Clinical Research Initiative), Maspiyono Handoyo (Managing director RIM Blackberry), Eloy Zalukhu, serta berbagai pembicara lainnya dari berbagai institusi yang dikunjungi. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Presiden Direktur Novartis Indonesia, dr. Luthfi Mardiansyah.

Pada hari kedua, peserta dalam tim mendapatkan tugas untuk membuat business plan yang pada tahun ini bertemakan Myelofibrosis. Business Plan yang dibuat kemudian dipresentasikan dan dinilai serta mendapatkan feedback dari para juri dari Kemenristek RI, Novartis, dan Psikolog Independen. Peserta dalam kegiatan ini mendapatkan begitu banyak pengetahuan, masukan, serta pengalaman yang sangat berarti dari para juri serta antar peserta Biocamp itu sendiri.

Pada akhirnya, didapatkanlah pemenang dari Ristek-Novartis Biocamp 2013 sebagai perwakilan Indonesia untuk Global Biocamp di Switzerland, yaitu Rudy (Apoteker UI) dan Liem Merrie Elizabeth (Prasetiya Mulya Graduate School of Business). Terdapat penghargaan pula untuk “ Best Business Plan”, yang diraih oleh tim yang terdiri dari Emilia Novianti Wijaya (Prasetiya Mulya Graduate School of Business), Muhammad Irfan Hasan (Apoteker UI), Estherina Juliana Marbun (Apoteker ITB), Liem Merrie Elizabeth (Prasetiya Mulya Graduate School of Business), Retnoastuti Ratih (PPM), dan Prima Dewi Ratrikaningtyas (FK-UGM). Penghargaan untuk “Best Group Performance” didapatkan oleh tim yang terdiri dari Lia Agustina (Apoteker ITB), Nisa Yulianti Suprahman (Apoteker UI), Dewi Ayu Kencana (Bioteknologi ITB), Erwin Sidarta (Prasetiya Mulya Graduate School of Business), dan Muhammad Sulaiman Kusumah Arya (Prasetiya Mulya Graduate School of Business).

Selamat untuk seluruh pemenang, semoga Fakultas Farmasi UI terus menorehkan prestasi dalam skala Nasional dan Internasional. Selamat memberikan yang terbaik pula untuk Rudy sebagai salah satu perwakilan Indonesia di Global Biocamp in Switzerland! Give the Best for Indonesia!

Apoteker UI Angkatan LXXVI (76) yang Mengikuti Ristek-Novartis Biocamp 2013

Apoteker UI Angkatan LXXVI (76) yang Mengikuti Ristek-Novartis Biocamp 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: