Ayo sebar idemu melalui media!

Ide, ia seperti bibit. Bibit tetaplah menjadi bibit ketika ia tidak disemaikan.

Kita bisa menuliskan ide dan inspirasi dari media, baik media yang kita buat sendiri, ataupun media massa yang telah diketahui oleh orang banyak sehingga mampu meraih khalayak pembaca yang lebih banyak. Kali ini aku ingin membahas yang kedua. Teman-teman bisa menuliskan ide, inspirasi, cerita, ataupun karya tulis lainnya ke media massa asalkan memenuhi syarat-syarat kelayakan publikasi dari media tersebut. Di sini aku akan coba share beberapa media yang bisa kita manfaatkan untuk menyebarkan pikiran, ide, inspirasi, dan karya yang kita miliki. Semoga bermanfaat..:)

Media cetak

Media cetak umumnya memiliki rubrik yang disediakan agar masyarakat bisa mengisi rubrik/kolom tersebut. Jika karya yang dikirimkan berhasil dipublikasi, maka media cetak tersebut akan memberikan penghargaan berupa hadiah. Semakin besar media cetak tersebut umumnya semakin oke penghargaannya.. Misalnya saja, kompas bisa memberikan jaket dan kaos hanya untuk sebuah komentar kecil tentang tema yang ditetapkan di kompas kampus! wow! very big appreciation on that..

Paket yang diberikan Kompas

Tulisan yang dimuat dan Jaket yang diberikan Kompas

Media Indonesia juga memiliki rubrik dimana pembaca bisa memberikan opini tentang suatu tema yang telah ditetapkan. Tema tersebut dapat dilihat di situs media indonesia online.. Nantinya opini terbaik akan dimuat di Media Indonesia cetak dan tentu juga mendapatkan reward dari media cetak tersebut..

Tulisan yang berhasil dimuat di Media Indonesia (1)

Tulisan yang Berhasil dimuat di Media Indonesia (2)

Kalau sepanjang pengalaman ini ya, media Indonesia biasanya memberikan kaos dan buku jika opini kita dimuat di koran tersebut..

Seputar Indonesia juga umumnya memberikan tema kepada mahasiswa dan mahasiswa dapat memberikan opininya terkait tema tersebut.. Opini yang terbaik akan dimuat di koran seputar Indonesia dengan reward yang langsung ditransfer melalui rekening..

Nah.. itu beberapa media cetak yang bisa kita manfaatkan untuk menyebarkan pikiran, ide, dan inspirasi.. Pokoknya entah kenapa, ada perasaan “Horeeeee” yang membuat kita ketagihan lagi untuk menulis kalau tulisan kita berhasil dimuat di media cetak nasional.. Kalau belum dimuat? jangan sedih.. berarti belum waktunya saja mungkin.. teman-teman bisa posting saja tulisan itu di blog pribadi, dan mulai lagi menulis dan mengirimkan ke media cetak tersebut.. Selamat menginspirasi!:)

Media Online

Bentuk media berikutnya adalah media online.. Ada beberapa yang bisa kita manfaatkan.. Kalau menurut aku, supaya ada proses seleksi dan masih ada perasaan “Horeeee..” kalau dimuat, manfaatkan rubrik yang masih ada proses seleksi terhadap tulisan sebelum tulisan tersebut dimuat (jadi bukan rubrik Citizen Journalism).. Citizen journalism umumnya minim proses seleksi, sehingga seolah itu hanya menjadi semacam blog dimana tulisan yang kita kirimkan pasti dimuat.. Gunakan rubrik ‘opini’ atau ‘suara mahasiswa’ dimana admin situs harus menyeleksi tulisan yang terbaik, baru akan memuatnya di media online.. Nantinya kalau sudah dimuat, teman-teman bisa share tulisan tersebut di social media seperti facebook, twitter, dan lain-lain.. Jadi semakin banyak deh pembacanya.. seperti yang aku sampaikan tadi, ide tetap akan menjadi bibit kalau tidak disemaikan kan?:)

Media yang menerima tulisan opini dan suara mahasiswa antara lain okezone.com, mediaindonesia.com, dan detik.com. Berikut beberapa tulisan aku buat di media online..

Tulisan yang berhasil dimuat di okezone.com (1)

Tulisan yang berhasil dimuat di okezone.com (2)

Tulisan yang sudah dimuat di okezone.com (3)

Lomba-lomba dan media kampus

Yang berikutnya adalah lomba-lomba dan media kampus.. Tentunya untuk bisa dimuat di sini, juga ada proses seleksi di dalamnya.. So quiet Challanging right?:), Di sini kita bisa menulis untuk lingkungan terdekat kita.. Teman-teman kampus sendiri.. Biasanya ada reward pula yang diberikan kru/ editor jika tulisan kita berhasil dimuat atau berhasil memenangkan lomba-lomba tersebut..

Ikuti Media Kampus dan Lomba-lomba menulis…

Nah.. banyak kan yang bisa kita manfaatkan untuk menyebar ide, inspirasi, dan karya kita?, tulisan punya kekuatan sendiri yang tak lekang oleh zaman.. Your pen and your keyboard have power to change for the good to others..:)

Advertisements
Tagged ,

One thought on “Ayo sebar idemu melalui media!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: