InsyaAllah : Surely 100% “Yes!”

Beberapa hari ini aku mengalami kejadian serupa: diragukan kepastiannya ketika mengucapkan “iya, InsyaAllah!”, biasanya bakal ada respon yang mengundang keyakinan yang lebih dari itu, misalnya “yang pasti dong!” atau “harus ya!”. Mungkin kata ‘InsyaAllah’ sudah mengalami peyorasi (penurunan makna) kali yaa. Kata ‘InsyaAllah’ bagi beberapa orang dianggap berarti kurang yakin dan hanya sedikit keinginan untuk memenuhinya, dan kata ‘pasti’ itu mewakili keyakinan dan kesungguhan. Karena hal ini, maka jadilah kesalahkaprahan bahwa kalimat ‘InsyaAllah’ dijadikan pertanda ketidakseriusan orang yang mengucapkan janjinya sehingga kalimat ini menjadi indikasi bagi seseorang yang tidak beri’tikad baik. Sampai-sampai seorang ustadz menyampaikan “kalau begitu untuk mengatasi kesalahpahaman ini ucapkan aja ‘InsyaAllah, pasti saya akan…’”.

Menganggap kalimat ‘InsyaAllah’ merupakan pertanda ketidakseriusan adalah kesalahan yang besar lhoo. ‘InsyaAllah’ adalah kalimat yang paling tepat diucapkan oleh seorang muslim dalam menjanjikan sesuatu kepada umat Islam sendiri maupun kepada umat lainnya karena kita menyadari kesanggupan seseorang dalam menunaikan tugas apapun, tidak bisa lepas dari kehendak Allah SWT.

Walaupun kesalahpahaman itu udah merebak di Indonesia, tapi mungkin gak ada salahnya aku coba usaha sedikit mengubah paradigma tentang kalimat “InsyaAllah” ini..:)

gimana ya riwayat munculnya kalimat ini?

وَلَا تَقُولَنَّ لِشَيْءٍ إِنِّي فَاعِلٌ ذَلِكَ غَداً  إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ وَاذْكُر رَّبَّكَ إِذَا نَسِيتَ وَقُلْ عَسَى أَن يَهْدِيَنِ رَبِّي لِأَقْرَبَ مِنْ هَذَا رَشَداً

“Dan jangan sekali-kali kamu mengatakan tentang sesuatu: “Sesungguhnya aku akan mengerjakan ini besok pagi, kecuali (dengan menyebut): “Insya Allah” . Dan ingatlah kepada Tuhanmu jika kamu lupa dan katakanlah: “Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepada yang lebih dekat kebenarannya daripada ini” [Al-Kahfi: 23-24]

Menurut riwayat, ayat ini turun setelah ada beberapa orang datang bertanya kepada nabi Muhammad SAW, tiga pertanyaan yang berat sekali untuk dijawab pada saat itu. Tiga pertanyaan tersebut adalah mengenai ruh, ashhabul kahfi (penghuni gua), dan kisah tentang Dzulqarrnain. Lalu beliau SAW menjawab, “Datanglah besok pagi kepadaku agar aku ceritakan.” dan beliau SAW tidak mengucapkan kalimat “InsyaAllah” (Jika Allah Menghendaki). Ternyata sampai esok harinya pun wahyu dari Allah SWT untuk menjawab dan menceritakan hal-hal tersebut belum kunjung datang dan Nabi SAW belum dapat menjawabnya. Tentunya hal tersebut menjadi ujian yang cukup memberatkan Nabi SAW karena harus menerima cemoohan dari orang-orang yang bertanya tersebut pada saat itu, lalu turunlah surat Al-Kahfi ayat 23-24 di atas, sebagai pelajaran kepada nabi SAW dan seluruh umatnya.

Nah.. Itu asal usulnya kawan! Jadi mulai sekarang, kalau aku bilang “InsyaAllah” it means “surely 100% Yes, I will.. except Allah has another plan..”..:):). Kalimat ‘InsyaAllah’ justru menunjukkan tekad yang kuat dan mantap untuk memenuhi janji dan kata yang telah diucapkan. Kalimat itu justru menunjukkan keyakinan bahwa hal yang dijanjikan dan diucapkan pasti terjadi dengan keyakinan 100%, sambil menunjukkan wujud kepasrahan dan ketergantungan kita hanya kepada Allah SWT bahwa hal tersebut tidak akan terwujud tanpa kehendak-Nya.

InsyaAllah= Ya, Jika Allah Menghendaki= 100% keyakinan PASTI iya, atas kehendak Allah SWT..:D

Remember that fellas! ^_^

Semoga bermanfaat, InsyaAllah..:D

Advertisements
Tagged ,

One thought on “InsyaAllah : Surely 100% “Yes!”

  1. echie says:

    wah artikel yg bagus 😀
    alasan mengapa jadi banyak yang ragu akan kata2 `Insya Allah` sendiri karena banyak yang menyalahgunakannya…entah karena ingin terlihat `alim` atau tidak bisa menolak (byk kok yg gak bisa menolak permintaan gitu kan)..
    mungkin dengan perubahan dari kita sendiri untuk lebih memahami arti dari suatu kalimat daripada hanya menerima kalimat itu mentah-mentah..

    semoga saya bisa jg mengaplikasikannya~
    Insya Allah ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: