Antara Bangsat, Kopi, dan Prestasi

Bangsat!!, ya.. lagi-lagi kutu bangsat membangunkan saya.. mungkin kali ini saya harus berterima kasih sama kutu bangsat.. saat itu pukul 11 malam, dan saya mencoba mengingat-ngingat lagi apa yang terjadi.. Ya ampun! setelah maghrib tiduran trus ketiduran.. oke.. belum shalat isya berarti, dan si kutu bangsat membangunkan saya untuk kesekian kalinya…~

Setelah shalat Isya, saya liat kasur di bagian atas.. ternyata seperti biasa si Paldo Maldince belom pulang.. “ah dia memang sibuk sangat.. entah apa yang dilakukan di luar sana..”. kalau saya si biasanya pulang malem gara-gara nonton.

Kontemplasi

Setelah itu, saya teringat tentang mapres.. Kak arif berulang-ulang dukung saya mapres padahal saat itu kepikiran untuk maju aja gk.. temen satu asrama sudah pada membulatkan tekad untuk maju mapres.. setelah dipikir-pikir dalam sesi kontemplasi, apa salahnya kalau maju? ya! nothing to lose.. dalam hati..”kbanyakan mikir nie!”, oke just do it!..Saat itu awal maret dan blom ada informasi apapun tentang mapres di MIPA.. ya.. seperti biasa.. tanpa tekanan dan deadline, entah knapa badan ini malas untuk nyiapinnya.. tapi hari itu gak ada PR sama sekali besoknya.. jadi saya coba isi CV sampai kolom 2A aja.. lalu tertidur lagi.. seperti biasa, tertidur di lantai…

Dan ternyata.. Setelah hari itu.. persiapan mapres stagnan! bener-bener proscratinator..gak ada lagi persiapan signifikan hingga akhirnya pengumuman keluar tentang syarat-syarat mapres.. dan waktu pun berlalu hingga tanggal 31 Maret.. (ket: pengumuman berkas-berkas tanggal 1 April mestinya..) Akhirnya malem tanggal 31 saya rapel semua keperluan! ya.. saat itu cuma bisa menyesal kenapa gak nyiapin dari dulu-dulu aja.. saya coba kerjain itu CV sampai pagi.. karya tulis? ampun! blom buat..! oke.. kepanikan pun terjadi di asrama saya dan paldo maldince yang juga ikut maju di ajang mapres.. hingga akhirnya eru sms.. sms paling membahagiakan di tanggal 1 April..”let’s take a breath guys..”—>intinya ngasitau ngumpulin berkas ditunda jadi besoknya…

Itu merupakan gambaran kelimpungan dari menunda-nunda.. ya.. memang masih banyak yang harus diperbaiki..kita memang terikat dengan dimensi waktu atas pekerjaan yang dilakukan.. sampai-sampai saya harus memanfaatkan kafein di kopi + tekanan deadline = gak tidur semaleman untuk merapel semua keperluan dalam waktu sesingkat mungkin..

Mapres, Mahasiswa Berprestasi… Sebenarnya apa itu prestasi?? semua orang bisa punya definisinya masing-masing tentang prestasi.. bagi saya prestasi artinya perubahan positif dalam diri yang mampu memberikan manfaat tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga bagi sekitarnya.. jadi, saya gak mempermasalahkan sama sekali:

  • temen-temen yang study only–> mungkin itu caranya untuk berprestasi..dengan itu bisa jadi ia ingin membahagiakan orang tuanya dengan IP terbaik, tempuh S2, S3, jadi profesor, lalu jadi dosen terbaik untuk anak didiknya
  • temen-temen yang demonstrasi di jalan–> mungkin itu caranya untuk menyuarakan suara dan perjuangannya.. tak ada salahnya ini diambil jadi alternatif terakhir.. selama pengaruh dari demonstrasi itu tetap ada..
  • temen-temen yang punya style lain dalam meraih prestasinya.. atau menggabungkan berbagai kombinasi yang ada..

ya.. semua orang punya jalannya masing-masing.. tak ada yang salah selama kita memiliki niat baik di dalamnya.. namun hidup adalah pilihan, dan ‘tidak memilih’ juga merupakan pilihan.. jadi inilah jalan yang saya tempuh.. berusaha belajar dari orang banyak, menyadari IP sebenarnya biasa aja, tapi ingin kontribusi di masyarakat sekarang juga, saat ini juga, melalui media apapun sambil terus mengupgrade diri.. mungkin itulah kesempatan yang diberikan pada saya.. kesempatan bertemu orang-orang yang menginspirasi di ajang mapres MIPA 2011..dan akan jauh terinspirasi lagi dengan semua mapres dari fakultas lain.. tapi siapakah yang paling berprestasi sebenarnya? takkan ada yang tahu selain Sang Pencipta.. Kenapa bisa seperti itu dalam konteks ajang mapres ini?

Prestasi bisa dilihat dari azas manfaatnya.. sedangkan penilaian CV di ajang mapres gambarannya sebagai berikut:

“lo jadi ketua lembaga di tingkat fakultas sama aja nilainya dengan lo jadi BPH di Universitas..”

padahal kalau dilihat dari azas manfaatnya bisa jadi si ketua lembaga fakultas punya proyek-proyek bermanfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan BPH tingkat universitas ya kan? atau contoh lain bisa saja ketua di tingkat jurusan bisa menghasilkan proyek manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan yang di tingkat fakultas.. yup.. seperti itu..

Bagaimanapun juga tiap tahapan proses mengandung hikmah.. salah satu hikmah selama ajang mapres di FMIPA adalah saya merekap kembali CV dan melihat sebenarnya sudah apa aja yang saya lakukan selama 3 tahun ini dan menyadari bahwa silaturrahim/relationship yang baik menjadi kunci kesuksesan dan sumber rejeki termasuk di mapres ini.. selain itu banyak pelajaran lain:

  • jangan suka nunda-nunda, nanti kelimpungan sendiri.
  • lakukan persiapan total dan menyeluruh.. cause victory loves preparation.. (mengingat bahasa inggris gw, dapet tema yang belum gw siapin sebelumnya..)–> reduce your assumption.. gak selamanya intuisi yang bilang ‘lo bakal dapet tema yang ini’ selalu benar..hha

pilihan mengandung konsekuensi.. terima kasih atas kepercayaannya.. senang bisa dapat banyak pelajaran selama proses ini.. Mohon doanya untuk dapat hasil yang terbaik di tingkat UI.. seperti biasa saya ingatkan, menang/juara 1 tidak selalu merupakan yang terbaik.

Makasi banyak semuanya..! You’re all special with your own way and i learn a lot with it. Don’t forget what the word “IMPOSSIBLE” says “I M POSSIBLE”  so everything which seems impossible is itself says that is possible.

Ditulis sebagai balasan jawaban terima kasih atas ucapan semua teman-teman.. selamat mempersiapkan untuk mapres mipa selanjutnya.

19 April 2011

Di kamar 3 Asrama PPSDMS 7:19 AM

Muhammad Irfan Hasan

_Bersaudara, Bergerak, Berprestasi_

This is re-wrote from my facebook note: http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150167317453864

Advertisements

5 thoughts on “Antara Bangsat, Kopi, dan Prestasi

  1. adenia says:

    ~numpang blogwalking xD
    waaaw cerita perjalanan lo menuju mapres seru juga pan, hahaa.. 😆
    yeaah, procrastinate is something that i almost always deal with.. *kapok jadi detlener –a
    well, sukses terus yak buat Pak Mapres 1 MIPA 😀

  2. arif says:

    ada nama aku loh disitu, senengnya ^_^

  3. hahahaha ternyata soal kopi kita sama-sama bangsat mas…..

    http://bangsatkopi.blogspot.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Advertisements
%d bloggers like this: